Kriteria yang paling utama dalam
pemilihan media bahwa media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau
kompetensi yang ingin dicapai.
Sejalan dengan perkembangan IPTEK
penggunaan media, baik yang bersifat visual, audial, projected still
media maupun projected motion media bisa dilakukan
secara bersama dan serempak melalui satu alat saja yang disebut Multi Media.
Contoh : dewasa ini
penggunaan komputer tidak hanya bersifat projected motion media,
namun dapat meramu semua jenis media yang bersifat interaktif.
Allen mengemukakan tentang hubungan antara media
dengan tujuan pembelajaran, sebagaimana terlihat dalam tabel di bawah ini :
Jenis Media
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Gambar Diam
|
S
|
T
|
S
|
S
|
R
|
R
|
Gambar Hidup
|
S
|
T
|
T
|
T
|
S
|
S
|
Televisi
|
S
|
S
|
T
|
S
|
R
|
S
|
Obyek Tiga Dimensi
|
R
|
T
|
R
|
R
|
R
|
R
|
Rekaman Audio
|
S
|
R
|
R
|
S
|
R
|
S
|
Programmed Instruction
|
S
|
S
|
S
|
T
|
R
|
S
|
Demonstrasi
|
R
|
S
|
R
|
T
|
S
|
S
|
Buku teks tercetak
|
S
|
R
|
S
|
S
|
R
|
S
|
Keterangan :
R = Rendah S = Sedang T= Tinggi
1 = Belajar Informasi faktual
2 = Belajar pengenalan visual
3 = Belajar prinsip, konsep dan aturan
4 = Prosedur belajar
5= Penyampaian keterampilan persepsi motorik
6 = Mengembangkan sikap, opini dan motivasi
Kriteria yang paling utama dalam
pemilihan media bahwa media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau
kompetensi yang ingin dicapai.
Contoh : bila tujuan
atau kompetensi peserta didik bersifat menghafalkan kata-kata tentunya media
audio yang tepat untuk digunakan. Jika tujuan atau kompetensi yang dicapai
bersifat memahami isi bacaan maka media cetak yang lebih tepat digunakan. Kalau
tujuan pembelajaran bersifat motorik (gerak dan aktivitas), maka media film dan
video bisa digunakan. Di samping itu, terdapat kriteria lainnya yang bersifat
melengkapi (komplementer), seperti: biaya, ketepatgunaan; keadaan peserta
didik; ketersediaan; dan mutu teknis.
Aspek Rekayasa Perangkat Lunak
·
Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran
·
Reliable (handal)
·
Maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah)
·
Usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya)
·
Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan
·
Kompatibilitas (media pembelajaran dapat diinstalasi/dijalankan di berbagai
hardware dan software yang ada)
·
Pemaketan program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi
·
Dokumentasi program media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk
instalasi (jelas, singkat, lengkap), trouble shooting (jelas, terstruktur, dan
antisipatif), desain program (jelas, menggambarkan alur kerja program)
·
Reusable (sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat
dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain)
Aspek Desain Pembelajaran
·
Kejelasan tujuan pembelajaran (rumusan, realistis)
·
Relevansi tujuan pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum
·
Cakupan dan kedalaman tujuan pembelajaran
·
Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran
·
Interaktivitas
·
Pemberian motivasi belajar
·
Kontekstualitas dan aktualitas
·
Kelengkapan dan kualitas bahan bantuan belajar
·
Kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran
·
Kedalaman materi
·
Kemudahan untuk dipahami
·
Sistematis, runut, alur logika jelas
·
Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, latihan
·
Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran
·
Ketepatan dan ketetapan alat evaluasi
·
Pemberian umpan balik terhadap hasil evaluasi
Aspek Komunikasi Visual
·
Komunikatif; sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan
keinginan sasaran
·
Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan
·
Sederhana dan memikat
·
Audio (narasi, sound effect, backsound,musik)
·
Visual (layout design, typography, warna)
·
Media bergerak (animasi, movie)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar